Jumat, 14 Juni 2019

Tips Cara Menenangkan Pikiran dengan Bermeditasi di Tempat Kerja

Tips Cara Menenangkan Pikiran dengan Bermeditasi di Tempat Kerja-Anda memiliki daftar tugas yang tidak ada habisnya, klien Anda menunggu Anda, tim Anda bekerja lambat dan bos Anda baru saja menyerahkan proyek lain kepada Anda. Hari ini luar biasa, dan Anda benar-benar perlu waktu untuk bernapas.

Cara Melepaskan Diri dengan Bermeditasi di Tempat Kerja
Cara Melepaskan Diri dengan Bermeditasi di Tempat Kerja

Bermeditasi di kantor tidak selalu mudah dilakukan. Tetapi mengambil bahkan dua menit dari hari Anda dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan mood Anda, dll. Dan menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Psychiatry, meditasi dapat secara dramatis mengurangi stres dan kecemasan Anda.

Gagasan menjadi rekan kerja yang duduk di Lotus Pose dengan mata tertutup mungkin tampak konyol dan tidak nyaman, tetapi ada lebih dari satu cara untuk bermeditasi. Anda dapat menenangkan pikiran saat duduk di depan komputer atau melarikan diri dengan cepat ke luar.

Jadi bagaimana Anda bisa pergi bermeditasi di tempat kerja? Inilah enam tips:

1. Dengarkan Binaural Beats


Tenangkan pikiran monyet Anda, seperti yang dikatakan para yogi, dan hibur gelombang otak Anda dengan mendengarkan suara binaural saat Anda bekerja atau saat istirahat. Binaural beats adalah dua nada yang memiliki frekuensi sedikit berbeda - satu dimainkan di telinga kanan Anda dan yang lainnya di telinga kiri Anda.

Dua ahli saraf dari Ohio menemukan bahwa hanya satu sesi binaural-beat (atau lagu) yang membantu daya ingat, perhatian, stres, rasa sakit, sakit kepala, dan migrain.

Ketika Anda mendengarkan suara dari frekuensi yang berbeda, otak Anda menggabungkannya dan mengeluarkannya. Misalnya, katakanlah telinga kiri Anda mendengar frekuensi 100 Hz dan frekuensi kanan Anda 10 Hz. Otak Anda akan merasakan suara 90 Hz, yang dapat membantu Anda dalam kondisi meditasi dan fokus yang mendalam.

Ini terjadi di alam juga. Misalnya, ketika Anda mendengar frekuensi katak yang berbeda berderak atau gelombang laut bergerak, otak Anda menyelaraskan suara dan menenangkan pikiran Anda.

Mendengarkan binaural beats adalah salah satu bentuk meditasi paling sederhana bagi mereka yang merasa dirantai ke meja mereka sepanjang hari. Cukup colokkan headphone Anda dan rileks.

2. Berlatih Meditasi Samatha


Juga dikenal sebagai "meditasi yang menenangkan", meditasi samatha (sha-mah-tah) meningkatkan fokus Anda, membantu Anda menjadi lebih produktif. Sementara semua orang fokus pada pekerjaan mereka, biarkan diri Anda dua hingga lima menit menatap satu benda mati.

Jangan letakkan penilaian apa pun pada objek ini, tetapi hanya fokus pada naik dan turunnya napas Anda. Kapan pun pikiran Anda mengembara atau terganggu oleh suara eksternal (yang akan, dan itu tidak masalah), tarik kembali kesadaran Anda.

Ini sering dilakukan dengan mata terbuka - biasanya sebagian terbuka - tetapi jika Anda sedang bekerja dikelilingi oleh orang-orang, tidak apa-apa untuk berlatih dengan mata Anda sepenuhnya terbuka. Selama Anda fokus pada satu objek diam dan napas.

3. Renungkan di Mobil Anda


Temukan ruang sunyi atau momen "zen" di mobil Anda, di mana Anda cenderung tidak akan terganggu dengan cara apa pun. Pergi ke depan dan buat alasan mengapa Anda harus pergi ke mobil Anda, dan mengatur timer ke waktu yang masuk akal untuk Anda. Jumlah waktu yang tidak akan membuat rekan kerja bertanya-tanya di mana Anda berada, tetapi memberi Anda cukup waktu untuk menenangkan pikiran monyet itu.

Anda dapat meledakkan binaural beats (lihat No. 1 di atas), fokus pada satu hal dan napas Anda dengan mata terbuka (lihat No. 2 di atas) atau cukup duduk dalam keheningan dan fokus pada naik turunnya nafas Anda sendiri.

Jika pikiran Anda mengembara atau seseorang lewat dan mengalihkan perhatian Anda, itu tidak masalah. Tarik kembali kesadaran Anda ke napas Anda. Ini adalah waktu yang singkat bagi Anda untuk membiarkan obrolan luar dan kekacauan pergi, sehingga Anda dapat meningkatkan produktivitas dan fokus untuk sisa hari itu.

"Berjalanlah seolah kamu mencium bumi dengan kakimu." —Itu Nhat Hanh

4. Ambil Jalan Meditatif


Bagaimana Anda berjalan-jalan meditasi? Thich Nhat Hanh, seorang biksu Zen Buddha, mengatakan bahwa Anda “berjalan seolah-olah mencium bumi dengan kaki Anda.” Gunakan pengalaman berjalan sebagai titik fokus Anda. Manfaatkan jalan ini untuk melepaskan pikiran-pikiran dalam daftar tugas yang harus Anda lakukan dan perhatikan langkah kaki Anda.

Saat Anda berjalan, fokuskan telapak kaki Anda dan kenali kecepatan gerak Anda secara alami. Apakah Anda memilih untuk berjalan sedikit lebih cepat atau lebih lambat pada saat ini? Dan sadarilah indra Anda di saat ini dengan setiap langkah yang Anda ambil. Apakah tanah keras atau lunak? Bagaimana suhu di kulit Anda? Obyek apa yang kamu lihat? Apa yang Anda cium di udara?

Anda juga dapat melakukan jalan meditasi singkat dengan headphone, mendengarkan musik meditatif atau binaural beats (lihat No. 1 di atas).

5. Manfaatkan Saja Saat Saja


Semua orang ada di rapat atau saat makan siang. Cepat! Manfaatkan jendela kesempatan pendek ini untuk terhubung dengan napas Anda. Buka atau tutup mata Anda, tetapi sediakan waktu sebanyak mungkin untuk menjauh dari daftar tugas dan fokus pada 10 atau lebih inhalasi dan pernafasan yang dalam.

Ini juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk menutup mata Anda dan menentukan bagaimana perasaan Anda di saat ini. Obrolan mental atau pikiran yang mengganggu pada hari itu mungkin muncul, tetapi ingatkan diri Anda bahwa Anda telah membiarkan momen singkat ini untuk melepaskannya sehingga Anda dapat fokus pada diri sendiri. Anda bahkan mungkin ingin mencoba meditasi singkat berpanduan (seperti yang di bawah ini atau bahkan lebih di YouTube).

6. Menyewa Instruktur Meditasi untuk Kantor


Jadi mungkin hampir tidak mungkin untuk menemukan momen sendirian atau Anda takut Anda mungkin terlihat seperti Anda malas jika Anda kedapatan sedang bermeditasi di meja Anda. Sebagai gantinya, tambahkan ke agenda untuk pertemuan Anda berikutnya. Mengapa tidak melibatkan seluruh kantor untuk tidak hanya membuat meditasi lebih diterima secara sosial, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja tim?

Apakah bos masih perlu diyakinkan? Bagikan penelitian ini, yang diterbitkan dalam International Journal of Mental Health and Addiction, yang menemukan bahwa karyawan yang bermeditasi memperoleh lebih banyak kepuasan dari pekerjaan mereka dan mulai lebih menikmati ruang kerja, yang mengurangi stres terkait pekerjaan dan meningkatkan kinerja karyawan.

Apa yang kamu pikirkan?


Apakah Anda perlu istirahat mental dari tekanan pekerjaan? Apakah Anda siap untuk mencoba salah satu dari teknik ini? Menurut Anda apa yang akan paling Anda perjuangkan? Kiat mana yang menurut Anda akan Anda coba dulu? Atau apakah Anda sudah beristirahat sejenak di tempat kerja? Apakah Anda punya kiat sendiri untuk dibagikan? Beri tahu kami di komentar di bawah!

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya